Rapat Forkada Bahas Sejumlah Agenda Pembangunan Di Kepulauan Nias

 

Gunungsitoli -Fokuslensa.com – Untuk menyelaraskan agenda pembangunan di Kepulaunan Nias, Forum Kepala Daerah (Forkada) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Se-Kepulauan Nias melaksanakan rapat di Walo Green, Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Senin (27/12/2021).

Dalam pertemuan tersebut dibahas teknis pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 di wilayah Kepulauan Nias, dan merumuskan konsep pembangunan untuk kepentingan se-Kepulauan Nias yakni lanjutan pembangunan jalan lingkar Pulau Nias, pelebaran landasan Bandara Binaka, pengolahan perikanan, dan pelaksanaan surfing tingkat internasional di pantai Sorake bulan Juli 2022 mendatang.

Konsep-konsep pembangunan yang dibahas oleh Forkada, akan dirumuskan oleh Sekda Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias yang di Koordinir oleh Sekda Kabupaten Nias Selatan dengan terlebih dahulu direncanakan melalui pertemuan perangkat daerah terkait, lalu selanjutnya disatukan menjadi usulan bersama Forkada se-Kepulauan Nias untuk disampaikan ke Presiden Republik Indonesia.

Dikesempatan itu juga dilakukan serah terima jabatan Koordinator Forkada dari Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu,S.Pd kepada Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., serah terima jabatan tersebut dilakukan sesuai dengan giliran yang telah disepakati antar Kepala Daerah se-Kepulauan Nias.

Hadir pada pertemuan tersebut Bupati Nias Ya’atulo Gulo,SE.,SH.,M.Si., Wakil Bupati Nias, Arota Lase,A.Md, Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, Wali Kota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua, dan Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa,SH.,MH, Kapolres Nias, AKBP Wawan Iriawan,S.I.K., Dandim 0213/Nias Letkol Inf. Martky Jaya Parangin Angin, Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli Agus Komarudin,SH., Kajari Nias Selatan diwakili Kasi Intel, Satria Darma Putra Zebua,SH, serta Sekda, Kepala Dinas, Badan dan Bagian dari Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias. (Denius)