Sa’at Hujan Turun, Warga Pasir Gadung Merasa Cemas Banjir Pasti Akan Datang

 

 

Tangerang – Fokus Lensa – Jika musim hujan masyarakat Desa Pasir Gadung Kecamatan Cikupa dengan jumlah penduduk yang cukup padat selalu di cemaskan akan datang banjir meski hujan turun hanya sebentar, hal ini sering terjadi di beberapa ruas jalan Desa seperti di Kampung Pengkolan Rt.003/001. Air dengan cepat akan merendam Pemukiman rumah warga.

 

Bahkan warga di wilayah Pengkolan khususnya Rt.003/001 mengeluhkan lambannya pihak Desa untuk mengambil langkah langkah dalam mengatasi masalah masalah yang sudah sering terjadi, seperti hujan pada hari ini curah hujan tidak begitu deras akan tetapi mampu membuat jalan dan pemukiman warga sekitar tergenang air, diperkiraan genangan air mencapai lutut orang dewasa, ini di sebabkan saluran air tidak bisa untuk menampung, sehingga berdampak banjir ke pemukiman rumah warga. ada beberapa saluran pembuangan air serta pembuangan limbah masyarakat atau got tidak berpungsi dengan baik, ucap Didi waraga Pengkolan.

 

“Dari tahun ke tahun sampai datang nya tahun 2020 Kampung Pengkolan selalu di genangi banjir kalau hujan turun, air pasti naik kepermukanan atau pemukiman warga karena ada beberapa saluran air atau got dan bahkan banyak yang belum terealisasikan dengan saat ini dan pasti air akan mencari tempat lebih rendah “ ujarnya pada Fokus Lensa, minggu (16/02/2020) di rumahnya.

 

Dirinya juga menambahkan, di sini mas di RT ini pasti akan terendam dan air akan segera menggenang baik jalan, rumah warga atau selokan air , karena deras nya air hujan akan membuat sebagian rumah warga kebanjiran di sebabkan saluran air tidak bisa menampung air sehingga meluap kemana mana, tambah Didi.

 

Sementara Uyan Setiwan dirinya juga menambahkan, menurutnya bukan hanya permukiman warga atau jalan jalan Air juga akan mengenangi jalan menuju kantor Desa Pasir Gadung, yang diakibatkan tidak ada nya solokan got yang berlokasi di Rt 008/001 Kampung Jengkol depan Indomaret yang berdampingan dengan perumahan Griya Yasa hal ini masih belum bisa di atasi dengan baik oleh pemerintah Desa atau Pemkab Tangerang, jelasnya.

 

Saya sebagai warga Pasir Gadung sangat berharap adanya bentuk Kesadaran semua pihak dalam menyelaraskan suatu hal yang bersifat umum artinya teori yang ada harus dilanjutkan dengan praktek yang nyata bukan bergaya, kurangi saling mengadalakan hayu kita satukan rasa kebersamaan yang kuat dan pendewasaan dalam menyikapi kepedulian lingkungan kita sendiri kalau bukan kita siapa lagi dan untuk pemerintah Desa kami mohon untuk segera bisa mengatsi hal hal yang sangat vital bagi warga seperti di utamkannya kebutuhan warga seperti pembuatan selokan air atau irigasi dan bila perlu kita buat tendon tendon air buatan agar air hujan bisa ditampung dan tidak menggenangi pemukiman warga, pungkas Uyun.

 

(Habibi)